MY PIN BB 2A4E1B1C

Teknologi

Share it Please

Teknologi merupakan salah satu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Karena, teknologi di era modren sekarang, manusia sudah berketergantungan oleh manfaat yang ada pada teknologi tersebut. Seiring perubahan waktu ke waktu, teknologi berkembang begitu cepat dalam hal kecangihannya. Tanpa kita sadari teknologi seakan-akan menghipnotis gaya hidup kita, terutama dalam melakukan aktifitas sehari-hari

Teknologi ibarat pisau bermata dua. Apa bila di gunakan pada orang yang benar maka internet dapat menjadikan seseorang bertambah ilmu dan pengetahuannya. Dan apabila sebaliknya (berada di tangan orang yang tidak bertanggung jawab) maka Teknlogi dapat mencelakai dirinya sendiri bahkan berimbas kepada orang lain. Di balik kecanggihan teknologi yang dibuat manusia, teknologi itu tidak hanya berdampak positifnya saja, namun, ternyata memiliki dampak negatifnya.

Contoh teknologi yang bisa berdampak negatif, yang umumnya kita gunakan sehari-hari dan hanya kita pandang dari segi positifnya saja, sehingga dampak negatifnya tidak dapat kita rasakan. seperti teknologi komputer, teknologi internet, teknologi transportasi, teknologi mesin dan robot.

Teknologi komputer

Di era modern saat sekarang ini, manusia bahkan hampir telah ketergantungan dengan kecanggihan teknologi komputer tersebut.segala sesuatu telah mampu dikerjakan oleh komputer, bahkan seseorang yang sehari-harinya bekerja di depan komputer mengaku telah merasa kesulitan untuk menulis secara manual dengan tangan. demikian juga untuk berhitung,mesin teknologi komputer memiliki daya ketelitian yang cukup tinggi dibandingkan daya hitung manusia itu sendiri.oleh sebab itu kita sering menggunakan komputer untuk melakukan tugas kita. Ini akan berpengaruh pada keahlian menulis kita dengan tangan dan juga menghitung.Hal ini bisa disebutkan dengan tehnik menulis menurun sedangkan teknik komputer naik.

Teknologi internet

Dengan adanya teknologi internet ini, kita lebih malas untuk bertanya dan sering malu jika disuruh bertanya ,karena kita sering bertanya kepada google. Dengan adannya teknologi kita kurang bisa melindungi anak kita dari kejahatan internet seperti pornografi, penipuan dan permainan-permainan yang akan mengasah kreativitas, kepekaan dan rasa kebersamaan. Saat ini kita tentu tak lagi akrab menyaksikan seorang anak bermain permainan tradisonal, yang kita lihat anak-anak dijaman sekarang lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain play station,bermain gem dikomputer, bermain di handphone dan sebagainya.anak-anak tak tahu lagi permainan yang diakrab saudara-saudaranya beberapa tahun lalu.

Teknologi internet telah mampu menciptakan sekat-sekat ruang kehidupan antara dunia nyata dan dunia maya. para penggunanya digiring untuk terus asyik berada didunia maya yang pada akhirnya melupakan peran,fungsi dan tugas utamanya didunia nyata. banyak diantara kita yang lebih suka menikmati dunia facebook saban harinya, ketimbang berkunjung dan bersiraturrahmi dengan tetangga dan orang-orang disekitar kita nyakni dunia nyata.

Teknologi transportasi.

Dengan adanya teknologi transportasi (kendaraan),orang jadi sering menggunakan kendaraan bermotor padahal jarak yang ditempuh cukup dekat. padahal jalan kaki atau naik sepeda lebih membuat kita sehat dan tidak membuang polusi ke udara.

Teknologi mesin dan robot.

Dengan adanya teknologi mesin dan robot, banyak pengangguran yang terjadi karena pekerjaan telah diselsaikan dengan mesin dan robot.

Teknologi komputer dan internet memang membawa dampak besar terhadap kehidupan. tapi kedua teknologi ini telah banyak membantu dan menyelesaikan pekerjaan manusia di zaman modern ini. begitu pula dengan teknologi transportasi, dengan transportasi yang canggih, jarak yang kita tempuh yang terlampau jauh namun kita melakukan perjalanan dengan waktu yang singkat, seolah-olah jarak tersebut sangatlah dekat. serta teknologi mesin (robot) juga mempermudah pekerjaan manusia dalam segala hal pekerjaanya terutama pada perusahaan pabrik untuk memproduksi produk yang di hasilkannya.

Walaupun umumnya sangat baik dengan adanya teknologi, namun kebiasaan sehari-hari kita dalam melaksanakan atifitas menjadi malas, baik yang berkenaan dengan diri kita sendiri maupun orang lain. Yang berkenaan dengan diri kita sendiri misalnya mandi, makan, belajar, dan lain sebagainya. Yang berkenaan dengan orang lain misalnya kegiatan dengan teman atau lingkungannya cenderung diabaikan. Kegiatan kelompok atau kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya tidak mau untuk melakukannya.

Untuk mengatasi akan dampak negatifnya teknologi, kita hendaklah membatasi dan mengatur aktifitas-aktifitas kita sesuai dengan kehidupan sosial, sehingga nantinya akan selaras (seimbang) antara teknologi dan kehidupan sosial kita.

0 komentar:

Post a Comment

1. Jangan lupa memberi salam di setiap awal komentar
2. Gunakan bahasa Indonesia full
3. Mohon komentar yang baik dan sopan
4. Jangan gunakan Link aktif
5. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya